Daftar Kecelakaan yang Dialami Sriwijaya Air, SJ 182 yang Terparah

Daftar Kecelakaan yang Dialami Sriwijaya Air, SJ 182 yang Terparah

RAKSASAPOKER Maskapai Sriwijaya Air dinilai bagaikan salah satu maskapai teraman di Indonesia. Bagi web pemeringkat maskapai AirlineRatings, maskapai Sriwijaya Air memperoleh 4 bintang dalam perihal keselamatan.

Perihal itu diukur bersumber pada rekam jejak musibah sepanjang 10 tahun terakhir. Bila dilihat dari pemberitaan dalam kurun waktu 2008- 2020, musibah yang dirasakan maskapai ini didominasi dengan insiden tergelincir. Barulah pada 2021 ini, pesawat Sriwijaya Air dilaporkan jatuh.

BANDAR DOMINO99 | AGEN BANDARQ | AGEN POKER | DOMINO ONLINE | AGEN DOMINO

Ini catatan musibah yang sempat mengenai Sriwijaya Air:

27 Agustus 2008

Pesawat Sriwijaya Air tercatat sempat hadapi musibah pada 27 Agustus 2008. Kala itu pesawat jurusan Jakarta- Jambi dengan no penerbangan SJ O62 hadapi pendaratan melewati batasan( overrun) kala mendarat di Lapangan terbang Sultan Thaha, Jambi.

Pesawat tipe Boeing 737- 200 itu bawa 125 penumpang serta 6 awak. Pesawat tergelincir sampai masuk ke dalam areal persawahan sebab landasan pacu dalam kondisi basah serta licin.

Segala penumpang pesawat dilaporkan selamat tetapi seseorang petani yang tengah terletak di suatu gubuk dilaporkan wafat. Sedangkan itu istri serta anaknya terluka.

20 Desember 2011

Pesawat Sriwijaya Air kembali tergelincir, kali ini di Lapangan terbang Adisucipto Yogyakarta. Pesawat dengan no penerbangan SJ 230 itu melayani rute Jakarta- Yogyakarta. Pesawat ini bawa 129 penumpang yang seluruhnya selamat.

Pesawat dikenal keluar dari landasan pacu kala mendarat dengan kecepatan besar. Pesawat itu melaju mendekati Kampus Perguruan Angkatan Hawa( AAU), setelah itu berbelok ke arah kiri serta masuk ke zona rerumputan.

Pesawat kesimpulannya menyudahi dalam jarak 2 m dari landasan. Kejadian yang terjalin pada 20 Desember 2011 itu dipicu keadaan landasan yang licin akibat hujan rimbun.

1 Juni 2012

Selang 6 bulan tepatnya 1 Juni 2012, insiden pesawat Sriwijaya Air tergelincir kembali terjalin. Peristiwa itu terjalin di Lapangan terbang Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat.

Pesawat yang digunakan merupakan Boeing 737- 400 yang mengangkat 165 orang serta 1 engineer. Seluruh dinyatakan selamat.

13 Oktober 2012

Masih di Lapangan terbang Supadio, Pontinak, pesawat Sriwijaya Air hadapi insiden tergelincir. Insiden ini terjalin pada 19 Oktober 2012 tepatnya jam 16. 45 Wib.

Pesawat yang tergelincir berasal dari Jakarta serta bawa 160 penumpang. Beruntung dalam peristiwa ini penumpang tidak terdapat yang terluka.

Kejadian ini terjalin kala lapangan terbang diguyur hujan deras. Pilot menyebut pesawat itu telah direm tetapi terus meluncur sebab landasan yang licin.

31 Mei 2017

Pesawat Sriwijaya Air lagi- lagi tergelincir, kali ini kala mendarat di Lapangan terbang Rendani, Manokwari, Papua Barat. Kala itu pesawat bernomor penerbangan SJ 570 itu tergelincir keluar landasan sepanjang 20 m.

Insiden terjalin sebab keadaan landasan pacu yang basah usai diguyur hujan deras. Beruntung segala penumpang dilaporkan selamat.

9 Januari 2021

Sehabis sebagian tahun Sriwijaya Air menyandang gelar maskapai teraman di Indonesia, sayangnya bencana musibah terburuk malah dirasakan di dini tahun 2021.

Pada 9 Januari 2021, dekat jam 14. 40 Wib pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang bertolak dari Jakarta mengarah Pontianak dilaporkan lenyap kontak. Belum lama dikenal pesawat itu sudah jatuh ke laut.

Pesawat ini bawa 62 orang penumpang yang hingga hari ini masih terus dicari serta dievakuasi. Regu DVI Polri sudah sukses mengenali satu korban serta mengumpulkan 74 kantong jenazah yang berisi potongan badan korban.

Sedangkan itu puing- puing serta properti pesawat pula terus dikumpulkan, tercantum black box yang menaruh rekaman akhir saat sebelum pesawat jatuh. Ini hendak digunakan dalam investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi( KNKT) buat menguak pemicu tumbangnya pesawat Sriwijaya Air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *